MENGUNGKAP MISTERI DAYA TARIK BATAM BAGAI WARGA SINGAPURA

Nabilah Putri
Mahasiswa Manajemen

Kota Batam merupakan sebuah kota terbesar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau Indonesia, bahkan menjadi tempat pilihan bagi warga Negara Singapura. Pada bulan Juli 2023 jumlah pengunjung wisatawan Singapura ke Kota Batam merupakan yang paling banyak diantara wisatawan mancanegara yang lainnya dengan jumlah
58,70%.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam menunjukan jumlah wisata mancanegara yang dating ke Batam pada periode Jul 2023 sebanyak 95.063 kunjungan, sedangkan pada bulan Juni 2023 sebanyak 134.280 kunjungan. Apabila dibandingkan dengan bulan Juni 2023-Juli 2023 sebanyak 437,31%, maka dari itu
dapat dikatakan kalau bulan Juli 2023 mengami penurunan.

Kenaikan jumlah kunjungan wisata mancanegara selama bulan Juli 2023 dapat dilihat dari masuknya Pelabuhan Ferry Batam Center, Pelabuhan Nongsa Pura, Pelabuhan Harbourbay, dan Bandara Udara Internasional Hang Nadim.

Pada bulan Juli 2023, jumlah kunjungan wisman berkebangsaan Singapura ke Kota Batam sebanyak 55.801 kunjungan. Sementara itu, kunjungan wisman berkebangsaan Malaysia sebanyak 13.923 kunjungan, India sebanyak 3.277 kunjungan, China sebanyak 2.336 kunjungan ,Philipina sebanyak 2.265, Amerika Serikat sebanyak 855 kunjungan, Jepang sebanyak 754 kunjungan, Australia sebanyak 744 kunjungan, Inggris sebanyak 647 kunjungan serta wisman berkebangsaan Jerman sebanyak 256 kunjungan . Dari 10 negara wisman terbanyak yang berkunjung ke Kota Batam tercatat wisman berkebangsaan Jerman mengalami kenaikan jumlah kunjungan pada Juli 2023 sebesar 9,40 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Jarak antara Singapura dan Batam dapat ditempuh melalui perjalanan laut, dengan menggunakan kapal Ferry dan memilki harga tiket berkisaran Rp 350.000,00 hingga Rp 430.000,00, para wisatawan Singapura dapat menempuh dengan waktu sekitar 50 menit hingga 1 jam.

Karena Batam memiliki banyak tempat yang menarik sehingga banyak para wisatawan Singapura memilih untuk berkunjung, bahkan para wisatawan Singapura seringkali berlibur ke batam hanya untuk berbelanja lalu pulang lagi ke Negaranya, maka dari itu tidak heran banyak sekali wisatawan Singapura banyak membawa kantong supermarket yang ada di Kota Batam.

Apabila memasuki musim liburan akan ada lebih banyak lagi warga Negara Singapura yang datang ke Kota Batam untuk pergi mengunjungi tempat wisata, seperti Pantai Nongsa yang terkenal dengan pasir putihnya dan juga ada pantai yang lainnya dengan keindahan alam dengan air ombak yang indah, selain tempat wisata
alam Batam juga memilki berbagai macam kuliner makanan yang lezat dengan harga yang terjangkau sekitaran 40$ hingga 50$, wisatawan Singapura juga seringkali melakukan perawatan di Batam karena harganya jauh lebih murah di banding Singapura dan juga mereka lebih memilih belanja pakaian, perawatan, barang-barang elektronik dan juga sembako, karena kalau belanja di Singapura harganya bisa 2x lipat di banding Kota Batam.

Dapat disimpulkan, Batam merupakan tempat yang dapat menawarkan berbagai banyak hal yang menarik bagi wisatawan Singapura maupun turis dari berbagai Negara, mulai dari tempat wisatanya, berbagai macam kuliner, dan juga tempat yang menarik lainnya dengan harga yang terjangkau. Bagi warga Singapura, Batam
merupakan tempat yang cocok untuk berlibur dengan menyenakan dan terjangkau dari segi harga maupun tempatnya, Batam juga mungkin bisa menjadi tempat pilihan untuk berlibur yang tepat.

Semoga selain Kota Batam menjadi tempat pilihan wisata, pemerintah juga dapat lebih memajukan lagi tempat wisata yang ada di Kota Tanjunpinang dan Kabupaten yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Mungkin dengan memberikan atau membangun fasilitas lagi seperti yang ada di Kota batam untuk membuat menjadi lebih maju dan modern lagi. Mungkin pemerintah juga bisa membangun jembatan penghubung antara Tanjungpinang menuju Kampung Bugis ataupun Senggarang, sehingga para turis juga dapat mengunjungi dengan waktu yang singkat tanpa perlu menempuh jalan yang lebih jauh lagi, apabila turis meningkat dengan adanya jembatan penghubung tersebut, pemerinta juga dapat membangun tempat penginapan dengan suasana perkampungan di atas laut.