Pengalaman Mendaftar Muhibah Jalur Rempah Kemdibudristek 2023

Firman Gani
Mahasiswa Jurusan Akuntansi FEBM UMRAH

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan menggelar Muhibah Budaya Jalur Rempah untuk tahun 2023. Kegiatan ini merupakan pelayaran menggunakan kapal latih TNI Angkatan Laut, Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci, yang membawa pemuda-pemudi pilihan dari 34 provinsi dengan tujuan untuk napak tilas Jalur Rempah Nusantara. Muhibah Budaya Jalur Rempah dimulai pada 22 November 2023 dan berakhir 2 Desember 2023. dengan mengarungi lintas samudra menyusuri titik Jalur Rempah, yaitu Surabaya, Makassar,  Dan Pulau Selayar. Jumlah peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah tahun 2023 adalah 20 orang yang dipilih secara selestif dari 550 orang secara nasional di Indonesia.

Muhibah Jalur Rempah juga bertujuan untuk menegaskan kembali keindonesiaan yang telah terhubung sejak lama dan diharapkan bisa membantu pembangunan berkelanjutan. Ketersambungan budaya dalam lintas daerah di Indonesia menjadi suatu esensi dari program Muhibah Budaya Jalur Rempah atas keberagaman pendukung budaya yang dipersatukan melalui kehangatan rempah-rempah, untuk mengembangkan dan  memperkuat ketahanan budaya dan diplomasi budaya, memaksimalkan pemanfaatan Cagar Budaya dan Warisan Budaya Takbenda. Gerakan ini diharapkan menjadi kebangkitan atas kekuatan kebaharian, mengubah paradigma lama, dan membangun perspektif yang luas atas potensi alam dan budaya Indonesia untuk masa depan yang lebih baik.

Kegiatan ini saya ketahui pada tanggal 15 November 2023. Saat itu, saya sedang melihat-lihat linimasa instagram saya. Dan kebetulan saya melihat konten terkait pembukaan muhibah budaya jalur rempah 2023 (angkatan ke-2) dengan jalur Surabaya-Makassar dan Selayar. 

Namun, saat itu saya sedang mengikuti kegiatan skala nasional dan memiliki peran sebagai fasilitator. Kegiatan ini full on-site di Universitas Telkom dan Gedung Sate. Akhirnya saya hiraukan saja pendaftarannya. Karena merasa tidak adanya kecocokan waktu dan jumlah pendaftarnya sangat banyak , dimana dari 550 orang yang terpilih hanya ditetapkan 20 orang, rasio 1:27.
Saya kira, saya bakalan tidak punya kesempatan untuk lolos. Karena hampir mustahil melihat banyaknya pendaftar dengan background yang luar biasa. Saya sempat pesimis dan akhirnya benar-benar tidak ingin mendaftar.

Namun, tanpa disadari ada syarat yang juga mengharuskan peserta membuat video perkenalan diri. Dengan Topik “Kenapa kamu harus terpilih untuk ikut serta?”
Akhirnya dengan sisa waktu 50 menit, saya langsung memilah-milah video yang ada di galeri ponsel saya saya. Karena waktu yang sangat sedikit untuk merekam video secara langsung. File yang sudah ada di galeri saya kemudian saya edit serta menambahkan rekaman narasinya. Akhirnya keseluruhan video dan berkas telah saya selesaikan semua, tepat 15 menit sebelum penutupan pendaftaran.

Setelah menyelesaikan seluruh pendaftaran. Saya langsung mengunggah seluruh berkas pendaftaran, 20 menit sebelum penutupan. karena tergesa-gesa, saya sangat panik. Takutnya berkas yang saya unggah nanti tidak terkirim karena jaringan juga tidak mendukung.
Tapi alhamdulillah, seluruh berkas berhasil saya Unggah. Tinggal menunggu pengumuman di tanggal 18 November 2023. Sembari menunggu, saya selalu memerika apa saja update terbaru dari akun resmi Jalur Rempah Karena, katanya pengumuman nanti akan diumumkan di akun resmi instagram mereka.

Alhamdulillah, yang ditunggu pun tiba. Jujur, saat mau membuka feed instagram ini. Saya sudah pasrah untuk nangis dan semangatin diri sendiri. Tapi dengan keberanian untuk melihat, saya sempat panik karena di row pertama nama saya tidak ada. Tetapi syukur alhamdulilaah, nomor urut 19. Nama saya Ada…..

Saya langsung mengabari orangtua saya dan beberapa teman-teman terdekat saya. Saya sangat senang dan terharu, karena dari Kepulauan Riau saya yang terpilih hanya satu-satunya.
Saya sangat berharap dengan tuturan pengalaman saya mendaftar muhibah Jalur Rempah ini, supaya teman teman dan orang lain serta pemerintah untuk bisa terus mendukung kegiatan anak muda di daerah masing-masing. Tentu ada rasa kebanggan dapat mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam Kegiatan Maritim Muhibah Jalur Rempah ini.

Profil Peserta

Nama : Firman Gani

NIM : 2104010021 (Universitas Maritim Raja Ali Haji), 120110239021 (Universitas Padjajaran) “Program PMM: MBKM”

Jurusan : Akuntansi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Maritim (UMRAH), Akuntansi Dan Akuntansi Perpajakan, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

E-mail : firmangani915@gmail.com

Instagram : instagram.com/firmangani1